陪我讲 (印尼语字幕):小家属 / (Bahasa Indonesia) Sang Anak

Bahasa Indoneisa)


Episode 4 “Sang Anak”


Tamu: WONG Yan-lung, Apple, Jan


“Selama ini, aku selalu menjagamu. Tapi siapa yang akan menjagaku?”


Sejak Apple masih muda, dia sudah tahu ibunya sakit mental. Ayahnya selalu melecehkan ibunya dan dirinya secara fisik, dan bahkan berselingkuh, yang menyebabkan kondisi ibunya makin tidak stabil. Ibunya telah mencoba bunuh diri berkali-kali. Saat Apple masih siswa SMP, dia bertekad melindungi dan merawat ibunya seumur hidup, dan takkan pernah meninggalkan ibunya.


Setelah orang tua Apple berpisah selama bertahun-tahun, ayahnya menyusup ke dalam kehidupannya dan ibunya lagi. Di rumah sakit, Apple mengancam ibunya, yang penyakit mentalnya kambuh, untuk memilih salah satu dari mereka - pria yang telah meninggalkan mereka, atau putrinya yang selalu berada di sisinya dan merawatnya dengan cermat. Ibunya memilih yang pertama, membuat Apple merasa benar-benar hancur. Dia membuat pernyataan kuat, “Selama ini, aku selalu menjagamu. Tapi siapa yang akan menjagaku?” Kemudian dia meninggalkan rumah sakit. Sebagai seorang pengasuh, yang selalu kuat, dia pingsan dan menjadi pasien penyakit mental.


Saat Apple berada di titik terendah kehidupannya, dia didampingi dan dibantu pekerja sosial, Ny. KWUN dan sekelompok perwakilan, sehingga dia bisa keluar dari kegelapan secara bertahap. Dia telah belajar untuk menghormati orang dengan penyakit mental dan membiarkan mereka tumbuh. Dia juga mengerti bahwa menemukan kembali kepercayaan diri dalam hidup itu sangat penting. Dengan bantuan Ny. KWUN, Apple mengikuti kursus untuk melayani anggota keluarga pasien. Sebagai mantan penderita penyakit mental, dia berharap bisa melayani anggota keluarga pasien lainnya yang membutuhkan. Beralih dari orang yang membutuhkan bantuan menjadi orang yang menawarkan bantuan, Apple telah menerapkan prinsip "memengaruhi kehidupan dengan kehidupan".


WONG Yan-lung, Ketua Komite Penasihat Kesehatan Mental, menjadi "Teman Sehari" dengan Apple dan Ny. KWUN dan mereka pergi mendaki. Dengan terjun ke alam, mereka menghadapi gejolak emosi, dan menjelaskan kepada para peserta tentang pentingnya masyarakat “berjalan bersama, bernapas bersama, dan menghirup bersama” dengan anggota keluarga pasien penyakit mental.


Selama perjalanan mendaki, Apple mengajari WONG Yan-lung keterampilan merajut, dan prosesnya membangkitkan kenangan masa lalu yang indah bersama ibunya.


Informasi Siaran:


22-11-2021, Senin, 0630-0700


第四集【小家属】


嘉宾:黄仁龙、Apple、官姑娘


小家属即未成年照顾者,包括复元人士的子女。


小时候,Apple已经知道妈妈患有抑郁症及燥郁症,Apple立志要保护和照顾妈妈一辈子,永远不会离弃妈妈。一直担当照顾者的角色,家属很多时会忘记自己的需要,照顾妈妈多年之后,Apple终于发觉自己都不抵压力,情绪开始崩溃。幸好,天无绝人之路,当时有社工官姑娘在旁,成为Apple人生低谷中的天使。


走出阴霾后,Apple在官姑娘的协助下,修读了服务病人家属的课程,并希望以过来人的身分服务其他有需要的家属,由受助者变成助人者,实践“以生命影响生命”。


精神健康谘询委员会主席黄仁龙与Apple及官姑娘成为“一日的朋友”,三人一同下厨煲苹果贡梨猪肉汤,这汤正是Apple妈妈的最爱。


三人一面饮汤,一面分享社会与照顾者“同行、同呼、同吸”的重要性。


播映日期:22-11-2021,星期一,0630-0700

原文连结六度声明DMCA 政策

民调中心

相关新闻

大家都在看

留言评论 (0)